Kamis, 10 Juni 2010

Berbagai Macam Aplikasi Chatting di Ponsel

Hey, kali ini Gw bakal ngebahas mengenai Aplikasi Chatting, baik yang berplatform Java (J2ME), Microsoft Mobile, maupun yang berflatform Symbian.
Itu dikarenakan banyak banget Aplikasi Chatting buat ponsel saat ini. Oh..ya, kali ini Gw bakal bawa lu ke site resminya untuk mendownload’nya.
Gw rasa nggak perlu lama-lama, yuk kita bahas sama-sama…
(Oh..ya, sebenernya Gw mau tambahin gambar di tiap Aplikasi Chatting yang Gw bahas... Tapi nggak tahu kenapa tiap Gw posting, artikel ini jadi nggak jelas gitu, jadi ancur... Sorry ya... ;) )

1. Slick
Aplikasi ini merupakan Aplikasi yang dikembangkan oleh Lonely Cat Games (LCG). Ni Aplikasi dikhususkan buat Smart Phone, yakni yang berflatform Symbian dan Microsoft Mobile. Aplikasinya terbilang diatas rata-rata, asyik buat chat di Yahoo! Messenger (Ntar Gw singkat jadi YM), MSN, Google Talk (Ni juga Gw singkat jadi Gtalk aja ya…), ICQ, Jabber, dan AIM yang bisa langsung lu aktifin account’nya secara berbarengan. Aplikasi ini pun terbilang nggak ribet. Kerennya lagi, lu bisa mengcopy teks hasil chatting kamu yang mungkin menurut kamu chattingan lu itu penting atau mau dijadikan sebagai kenang-kenangan (Mis. Lu chat sama artis gitu… :D ). Oh..ya, seluruh pesan chat kamu tetep ada lo walau lu dah log out. Jadi sewaktu-waktu kalo lu mau log in, isi chat lu tetap tertata rapi disini.
Kalo mau download Aplikasi ini lu bisa download di site resminya, http://www.lonelycatgames.com/.

2. Yehba*
Aplikasi chat yang satu ini lain lagi, selain bisa chat di banyak IM (Instant Message) sepertu YM, Gtalk, MSN, ICQ, AIM, XMPP lu juga bisa chat dengan sesama pengguna Yehba*. Namun, terasa agak susah saat lu mencoba untuk add account lu di MSN. Nggak tahu kenapa… Tapi, lu patut mencobanya kok… Asiik juga, nggak kalah dengan Aplikasi Chatting lainnya. Aplikasi chat yang satu ini, tersedia dalam 2 versi, yakni untuk Hp yang berplatform Symbian dan untuk Hp yang berplatform Java (J2ME). Aplikasi ini bisa lu download di site resminya http://www.yehba.com.

3. Nimbuzz
Nah, kalo yang ini nggak kalah seru lho… Aplikasi Chatting yang satu ini terbilang hampir sama dengan Yehba*. Hanya saja, aplikasi ini terbilang lebih cukup cepat saat menampilkan percakapan yang terjadi (Nggak lemot gitu…). Lu juga bisa mengaktifkan account IM (Instant Message) lu secara bersamaan di MSN, Jabber, ICG, YM, Gtalk, dan AIM. Selain itu, lu juga bisa melakukan chatting dengan sesama pengguna Nimbuzz yang ada di seluruh dunia. Aplikasi ini selain diperuntukkan buat ponsel Symbian dan Java (J2ME), juga dapat diinstal di komputer lu. So, lu bisa berchatting ria tak hanya lewat ponsel, tetapi juga bisa lewat komputer kesayangan kamu. Aplikasi ini bisa lu download di http://www.nimbuzz.com.

4. Talkonaut.
Aplikasi gratis yang menyediakan Bahasa Indonesia ini sangat menarik untuk dijadikan referensi karena menyediakan beragam vitur untuk kebutuhan chatting dan VoIP sekaligus. Namun sayangnya, versi terbarunya (versi 4.0) yang telah menyediakan panggilan murah lewat VoIP itu hanya diperuntukkan buat Smartphone seperti ponsel Symbian versi 2 keatas, itu pun tidak seluruhnya. Sedangkan ponsel yang mendukung J2ME atau Java hanya dapat menggunakan versi 3.0. Aplikasi ini mengedepankan chatting yang dapat dilakukan secara bersama-sama pada pengguna Gtalk, SIP Phone, MSN, YM, AIM dan ICQ. Lu juga bisa mengadakan “Conference” di Jabber. Pokoknya Aplikasi ini asyiik deh… Lu bisa mendownload’nya di http://www.talkonaut.com/download.shtml atau http://www.gtalk2voip.com/. Tapi kalo lu pengen mendownloadnya langsung dari ponsel, ketikkan aja alamat URL get.talkonaut.com.

5. Migg33
Aplikasi ini juga hampir sama dengan Nimbuzz, Yehba*, dan Talkonaut. Lu bisa mengaktifkan account lu di YM, MSN, Gtalk, dll (Gw lupa yang lainnya, hehehe…  :D ). Lu juga bisa chat dengan sesama pengguna Migg33. Yang asyiknya, di Migg33 lu bisa “ngekick” pengguna Migg33 lainnya yang rese. Dengan syarat, harus ada persetujuan dari pengguna chatting (Mig33) lainnya (Kalo nggak salah harus 10 orang), dan dengan kurun waktu tertentu. Jika waktu untuk “ngekick” nya udah habis dan persetujuan untuk mengekick belum mencapai 10 orang, maka proses ‘ngekick”nya pun GAGAL. Aplikasi ini merupakan Aplikasi yang berextensi “.jar”, yakni untuk tipe Hp yang mendukung Java (J2ME). Untuk mendownloadnya, lu bisa download langsung dari browser Hp lu dengan mengetikkan URL wap.mig33.com.

6. Bing
Aplikasi ini lagi-lagi mirip dengan Nimbuzz, Mig33, Yehba*, maupun Talkonaut. Aplikasi ini mengusung tipe J2ME (Java), yang artinya banyak tipe ponsel yang dapat menjajal Aplikasi ini. Seperti Aplikasi chat yang diatas, lu juga bisa mengaktifkan banyak account IM (MSN, ICQ, Gtalk, YM, AIM) sekaligus, ditambah lagi kamu bisa chatting dengan sesama pengguna Bing. Bing versi 2.2 sekarang bisa ngekick juga lho.Bing bisa kamu download langsung di ponsel dengan mengetikkan URL wap.bing.im.

7. Morange
Aplikasi ini mungkin aplikasi yang terbilang cukup murah saat dijejal (digunakan maksudnya… ;) ). Perbedaan dari Aplikasi Chatting kebanyakan, disini kamu juga bisa mengatur account email kamu, jadi email yang masuk ke account email kamu bisa dilihat lewat aplikasi ini melali POP3’nya. Selain itu, yang biasanya kamu hanya dapat mengaktifkan satu account di satu IM (Instant Message) yang sama, kini kamu bisa mengaktifkannya dengan banyak account di satu IM (Instant Message). Misalnya Kamu bisa mengaktifkan empat account sekaligus di Yahoo! Messenger. Hebat kaaan? Kamu juga bisa membaca berita atau info terbaru melalui fitur RSS’nya yang telah disediain. Untuk mendownloadnya dari ponsel yang telah mendukung Java (J2ME), lu ketik aja URL’nya wap.morange.com

8. YMTiny

Aplikasi yang mengusung Java (J2ME) yang satu ini beda lagi. Dari namanya pasti dah ketebak. Yup, ini Aplikasi memang khusus untuk para chatting mania yang menggunakan account di Yahoo! Messenger. Upz, ini Aplikasi buatan anak negeri lho, asli made in Indonesia punya. Patut diacungi jempol deh. Tapi patut dicoba juga lho… Lu dapat mendownloadnya di http://www.orisinil.com/ymtiny

9. Ebuddy
Pasti udah banyak yang tahu tentang aplikasi ini, jadi Gw nggak perlu jelasin dengan panjang lebar. Aplikasi ini juga mengusung tipe Java (J2ME). Seperti biasa, dengan Ebuddy kamu juga bisa mengaktifkan account IM (Instant Message) lu secara bersamaan di YM, MSN, Gtalk, dan AOL. Ebuddy bisa lu download di http://www.ebuddy.com.

10. Mxit
Aplikasi Chatting yang satu ini jelas beda banget. Kenapa Gw bilang beda? Itu karena di Mxit kamu hanya dapat melakukan chatting dengan sesama pengguna Mxit saja, tidak seperti kebanyakan aplikasi chat di ponsel lainnya yang bisa mengaktifkan account IM (Instant Message) di YM, Gtalk, dsb. Bisa dibilang Mxit merupakan aplikasi chatting yang bersifat privat. Susahnya di Mxit adalah kalau kamu mau add buddy / contact, kamu mesti tahu ID (Nomer Hp saat registrasi) orang yang kamu mau add. Bisa dibilang itu kelemahan Mxit. Kelebihannya adalah pada saat log in, prosesnya cepet banget, nggak perlu nunggu lama-lama. Biaya akses GPRS’nya pun nggak makan pulsa banyak, alias murah. Lu bisa mendownloadnya langsung dari Hp yang telah mendukung Java (J2ME) dengan mengetikkan URL’nya, yaitu wap.mxit.co.za.

Sebenernya sih masih banyak lagi Aplikasi Chatting buat ponsel, seperti Agile Messenger, MSN Messenger, QuickIM, Bombus, dll. Tapi berhubung karena Gw udah capek ngetiknya, ya cukup itu dulu aplikasi chat yang Gw bahas, sisanya nyusul

0 komentar:

Posting Komentar